Pekerjaan sebagai Advertising Sales Representative melibatkan penjualan iklan kepada klien untuk media cetak, digital, atau elektronik.
Tugas utama meliputi mencari pelanggan potensial, melakukan presentasi penjualan, dan bernegosiasi untuk mencapai penjualan iklan yang berhasil.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemeliharaan hubungan dengan klien yang ada, melakukan penelitian pasar, dan mengikuti perkembangan tren dan persaingan di industri periklanan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Advertising Sales Representative adalah seorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, mempunyai pengetahuan yang luas tentang industri periklanan, dan mampu bekerja dengan target penjualan yang tinggi.
Seorang kandidat ideal juga harus memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik, memiliki sikap yang percaya diri, dan memiliki jiwa kompetitif yang tinggi untuk berhasil dalam penjualan iklan.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak memiliki minat dalam bisnis, dan tidak suka bekerja di bawah tekanan, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai Advertising Sales Representative.
Ekspektasi vs realita dalam profesi Advertising Sales Representative seringkali terjadi ketika orang mengira pekerjaannya hanya menjual iklan tanpa memperhatikan proses kompleks di baliknya, seperti negosiasi kontrak dan analisis pasar.
Salah satu perbedaan dengan profesi serupa, seperti Sales Representative, adalah Advertising Sales Representative harus memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang industri periklanan dan strategi pemasaran untuk dapat menjual iklan dengan efektif.
Miskonsepsi umum tentang Advertising Sales Representative adalah bahwa mereka hanya berurusan dengan penjualan iklan cetak atau televisi, padahal sekarang ini mereka juga harus menguasai platform online dan digital advertising.