Sebagai analis data pasar fashion, tugas utama meliputi mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data pasar untuk memberikan informasi yang relevan kepada perusahaan dalam pengambilan keputusan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan melakukan riset dan survei untuk memahami tren dan preferensi konsumen dalam pasar fashion.
Selain itu, analis data pasar fashion juga bertanggung jawab untuk membuat laporan dan presentasi yang menjelaskan hasil analisis data kepada manajemen perusahaan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Analis Data Pasar Fashion adalah seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang industri fashion, kemampuan analisis yang kuat, dan mampu membaca tren pasar dengan akurat.
Dalam pekerjaan ini, seorang analis data pasar fashion juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menyampaikan temuan-temuan analisisnya kepada pihak terkait dan tim kerjanya.
Jika kamu tidak memiliki minat atau pemahaman yang tinggi terhadap dunia fashion dan tidak memiliki kemampuan analisis yang kuat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai analis data pasar fashion.
Ekspektasi tentang profesi Analis Data Pasar Fashion adalah hanya bekerja dengan pakaian dan tren terbaru, padahal sebenarnya melibatkan analisis data terkait penjualan, preferensi konsumen, dan tren bisnis.
Realita profesi Analis Data Pasar Fashion adalah lebih banyak melibatkan kerja di belakang layar, mengolah data, dan membuat laporan, daripada terlibat langsung dalam dunia fashion.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti desainer fashion, adalah bahwa Analis Data Pasar Fashion lebih fokus pada aspek bisnis dan strategi, sementara desainer fashion lebih fokus pada kreativitas dan desain produk.