Analis Penelitian Pasar

  Profil Profesi

Analis Penelitian Pasar bertugas untuk melakukan analisis dan penelitian terhadap pasar dan konsumen untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Tugas utama meliputi pengumpulan dan analisis data pasar, melihat tren dan pola perilaku konsumen, serta mengidentifikasi peluang dan tantangan di pasar.

Selain itu, analis penelitian pasar juga bertanggung jawab dalam menyusun laporan dan presentasi tentang hasil penelitian, serta memberikan rekomendasi kepada perusahaan mengenai strategi pemasaran yang dapat diambil.

Apa saya cocok bekerja sebagai Analis Penelitian Pasar?

Orang yang cocok untuk pekerjaan Analis Penelitian Pasar adalah seseorang yang memiliki kemampuan analisis yang kuat, mampu mengambil keputusan berdasarkan data, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen.

Selain itu, seorang analis penelitian pasar harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan presentasi yang menarik, dan mampu bekerja secara mandiri dalam menyelesaikan proyek penelitian.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat, tidak menyukai angka, dan tidak memiliki ketekunan untuk melakukan penelitian yang mendalam, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Analis Penelitian Pasar adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas membuat survei dan analisis tanpa mempengaruhi keputusan bisnis. Padahal, dalam realita, mereka juga ikut memberikan rekomendasi dan insight strategis kepada perusahaan.

Ekspektasi umum terhadap Analis Penelitian Pasar adalah bahwa mereka hanya bekerja dengan angka dan data mentah, tanpa menjalin hubungan dengan konsumen langsung. Namun, kenyataannya, mereka juga mengadakan wawancara dan melakukan observasi untuk memahami kebutuhan dan perilaku target pasar.

Perbedaan yang signifikan dengan profesi lain yang mirip adalah bahwa Analis Penelitian Pasar fokus pada analisis pasar yang melibatkan perilaku konsumen, tren pasar, dan potensi pertumbuhan. Sedangkan profesi lain seperti Pemasaran, lebih berfokus pada strategi pemasaran, promosi, dan penjualan produk atau jasa perusahaan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Statistik
Ekonomi
Ilmu Komunikasi
Psikologi
Matematika
Sosiologi
Antropologi
Pemasaran
Ilmu Perilaku Konsumen
Studi pasar dan konsumen

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Kantar Indonesia
Nielsen Indonesia
MarkPlus Insight
Quaestio Research & Consultancy
Global Market Insights
Insightful Dynamics
Alpha Research Indonesia
IDS MARS Indonesia
Indemax Research
Ipsos Indonesia