Animator 2D/3D

  Profil Profesi

Animator 2D/3D bertanggung jawab untuk membuat animasi yang menarik dan menggerakkan karakter atau objek dengan menggunakan teknik 2D atau 3D.

Pekerjaan ini meliputi perencanaan dan pengembangan konsep animasi, pembuatan desain karakter, pengaturan pose, dan mengatur gerakan dalam animasi.

Selain itu, animator juga harus memahami prinsip dasar animasi, seperti timing, spacing, dan easing, serta menggunakan software dan tool animasi yang relevan untuk menghasilkan animasi yang berkualitas.

Apa saya cocok bekerja sebagai Animator 2D/3D?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Animator 2D/3D adalah seseorang yang kreatif, memiliki pemahaman mendalam tentang animasi dan teknik 2D/3D, serta memiliki keterampilan visual yang kuat.

Seorang animator juga harus memiliki kesabaran tinggi, ketelitian dalam detail, dan kemampuan problem-solving yang baik untuk menghadapi tantangan dalam proses animasi.

Jika kamu tidak memiliki kreativitas yang tinggi, kurang sabar dalam mengerjakan proyek yang membutuhkan waktu yang lama, serta tidak tertarik dengan dunia visual dan animasi, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai animator 2D/3D.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi animator 2D/3D adalah bahwa pekerjaannya hanya menggambar atau menciptakan karakter tanpa adanya pekerjaan teknis atau digital yang rumit, padahal kenyataannya animator harus menguasai software dan teknologi yang kompleks untuk menghidupkan karakter dalam animasi.

Ekspektasi dalam profesi animator 2D/3D seringkali tidak realistis, banyak yang berpikir bahwa pekerjaannya hanya membuat animasi dalam waktu singkat, padahal kenyataannya pembuatan animasi memerlukan waktu yang lama dan detail yang tinggi dalam setiap frame.

Perbedaan utama dengan profesi yang mirip, seperti ilustrator atau graphic designer, adalah animator 2D/3D fokus pada menciptakan gerakan dan animasi dalam gambar yang statis, sedangkan ilustrator dan graphic designer lebih fokus pada menciptakan gambar atau desain yang tidak bergerak.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Desain Grafis
Ilmu Komputer
Seni Rupa
Seni Digital
Film dan Televisi
Teknik Grafis dan Multimedia
Seni Animasi
Desain Karakter
Teknik Animasi
Pendidikan Seni Rupa

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Gameloft
Agate Studio
Touchten Games
Anantarupa Studio
Altermyth
Mirai Motion Pictures
Koei Tecmo
XL Digital
V-create Media
Animax Studio
Tags