Pekerjaan sebagai Asisten Administrator Rekam Medis adalah bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara data rekam medis pasien.
Tugas utama meliputi pengumpulan, validasi, dan pengaturan data rekam medis, serta memastikan kepatuhan terhadap kebijakan privasi dan keamanan informasi.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan tim medis dan administratif lainnya untuk memastikan penggunaan yang efisien dan akurat dari rekam medis pasien.
Seorang yang terampil dalam pengorganisasian, memiliki keakuratan yang tinggi, dan dapat mengelola data dengan baik akan cocok sebagai Asisten Administrator Rekam Medis.
Kemampuan komunikasi yang baik dan kepekaan terhadap rincian juga merupakan kualitas yang penting untuk pekerjaan ini.
Profil orang yang kurang cocok dengan pekerjaan sebagai Asisten Administrator Rekam Medis adalah mereka yang tidak memiliki ketelitian dalam mengolah dan mengelola data, kurang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan pasien dan dokter, serta kurang bisa bekerja dengan cepat dan efisien dalam menangani dokumen rekam medis.
Miskonsepsi tentang profesi Asisten Administrator Rekam Medis adalah ekspektasi bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan pengarsipan dokumen medis, padahal dalam realitasnya tugasnya lebih kompleks, termasuk mengelola dan mengatur sistem informasi kesehatan.
Salah satu perbedaan dengan profesi yang mirip seperti asisten administratif umum adalah Asisten Administrator Rekam Medis dididik untuk memiliki pengetahuan khusus dalam manajemen rekam medis, termasuk kepatuhan terhadap regulasi privasi kesehatan dan penggunaan teknologi informasi kesehatan.
Miskonsepsi lainnya adalah bahwa Asisten Administrator Rekam Medis hanya bekerja di rumah sakit. Padahal, mereka juga dapat bekerja di klinik, pusat kesehatan, atau lembaga kesehatan lainnya, yang semuanya membutuhkan pengelolaan kertas kerja dan kepatuhan terhadap aturan rekam medis.