Sebagai Asisten Eksport Import, tugas utama Anda adalah membantu dalam proses ekspor dan impor barang.
Anda akan terlibat dalam kegiatan seperti mengurus dokumen ekspor impor, mengurus pengiriman barang, dan berkomunikasi dengan pihak terkait seperti pemasok dan pihak bea cukai.
Selain itu, Anda juga akan membantu dalam pemantauan dan penanganan masalah yang mungkin timbul dalam proses ekspor impor barang.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Asisten Ekspor Impor adalah seorang yang memiliki pengetahuan yang baik dalam peraturan dan prosedur ekspor impor, memiliki kemampuan analisis yang kuat dalam melihat tren pasar dan memiliki keterampilan negosiasi yang baik.
Kemampuan multitasking dan pengelolaan waktu yang baik juga sangat penting dalam pekerjaan ini, sehingga seorang kandidat harus dapat bekerja dengan efisien dalam mengatur pengiriman barang dan mengurus dokumen-dokumen yang terkait dengan ekspor impor.
Jika kamu tidak memiliki keahlian dalam berkomunikasi secara efektif, tidak terampil dalam berhubungan dengan orang dari berbagai budaya dan bahasa, serta tidak memiliki pengetahuan tentang peraturan dan prosedur eksport-import, maka kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Asisten Eksport Import adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan mengurus dokumen dan proses pengiriman barang, padahal sebenarnya juga melibatkan negosiasi kontrak, analisis pasar, dan pemahaman tentang peraturan perdagangan internasional.
Ekspektasi yang sering salah tentang pekerjaan ini adalah bahwa akan ada banyak kesempatan untuk bepergian ke luar negeri, padahal kenyataannya sebagian besar pekerjaan dilakukan di kantor secara administratif.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Sales Export Import, adalah bahwa Asisten Eksport Import lebih berfokus pada menjalankan tugas administratif dan mendukung proses perdagangan internasional, sementara Sales Export Import lebih berperan dalam mencari peluang bisnis dan menjalin hubungan dengan klien.