Pekerjaan sebagai Asisten Manajer Rekam Medis melibatkan pengelolaan dan pemeliharaan data dan dokumen medis pasien.
Tugas utama mencakup mengatur sistem pencatatan dan penyimpanan dokumen medis, memastikan data dan dokumen yang akurat dan teratur, serta memenuhi kebijakan dan peraturan yang berlaku.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim medis dan administratif lainnya untuk mengelola informasi medis pasien dengan aman dan efisien.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Asisten Manajer Rekam Medis adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang baik tentang sistem manajemen rekam medis dan mampu mengelola data dengan akurat serta memiliki kemampuan analisis yang tinggi.
Selain itu, seorang kandidat yang cocok juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan dapat bekerja dengan tim medis dalam lingkungan yang serba cepat.
Jika kamu tidak teliti, tidak memiliki kemampuan organisasi yang baik, dan tidak mampu bekerja dengan tenggat waktu yang ketat, kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Asisten Manajer Rekam Medis adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengurus dokumen medis, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mengatur dan mengelola sistem informasi kesehatan di suatu fasilitas pelayanan medis.
Ekspektasi yang sering salah tentang profesi ini adalah bahwa Asisten Manajer Rekam Medis hanya akan berurusan dengan data dan informasi yang berhubungan dengan pasien, tetapi kenyataannya mereka juga harus bekerja sama dengan tim medis lainnya dalam hal pengaturan dan pemeliharaan rekam medis.
Perbedaan utama antara Asisten Manajer Rekam Medis dan profesi yang mirip, seperti Petugas Rekam Medis, adalah bahwa Asisten Manajer memiliki peran yang lebih luas dan strategis, di mana mereka tidak saja bertanggung jawab untuk mengurus dokumentasi medis, tetapi juga terlibat dalam perencanaan dan pengembangan sistem informasi kesehatan secara keseluruhan.