Call Center Operator

  Profil Profesi

Sebagai call center operator, tugas utama meliputi menerima dan menjawab panggilan telepon dari pelanggan dengan sopan dan ramah.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan memberikan informasi kepada pelanggan mengenai produk, layanan, dan kebijakan perusahaan dengan jelas dan akurat.

Selama bekerja, call center operator juga harus mampu mencatat dan memproses keluhan pelanggan serta mengarahkannya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk penyelesaian yang lebih lanjut.

Apa saya cocok bekerja sebagai Call Center Operator?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Call Center Operator adalah seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ramah, sabar, dan mampu menangani situasi yang menegangkan dengan baik, akan cocok dengan pekerjaan Call Center Operator.

Dalam lingkungan kerja yang sering kali penuh tekanan, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan multitasking, menguasai teknologi komunikasi, dan dapat bekerja dengan produktivitas tinggi.

Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mudah terpancing emosi, kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Call Center Operator.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang Call Center Operator hanya duduk di sebuah meja dan menjawab telepon tanpa kesulitan. Realita: Seorang Call Center Operator harus menghadapi tekanan tinggi, mengelola banyak panggilan dengan masalah yang berbeda, dan tetap mempertahankan kesabaran dan keramahan.

Ekspektasi: Seorang Call Center Operator hanya perlu mengikuti skrip dan memberikan jawaban standar kepada pelanggan. Realita: Seorang Call Center Operator harus mampu berpikir cepat, mengatasi masalah yang kompleks, dan memberikan solusi yang memuaskan pelanggan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip: Perbedaan antara Call Center Operator dengan Customer Service adalah bahwa Call Center Operator lebih fokus dalam menangani panggilan masuk melalui telepon, sementara Customer Service berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi seperti email, obrolan langsung, atau platform media sosial.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Pemasaran
Manajemen Bisnis
Psikologi
Hubungan Internasional
Ilmu Hubungan Masyarakat
Teknik Informatika atau Teknik Komputer
Sistem Informasi
Bahasa Inggris atau Bahasa Asing lainnya.

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telkom Indonesia
PT XL Axiata Tbk
PT Indosat Tbk
PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Tokopedia
PT Bukalapak.com
PT Traveloka Indonesia
PT Lazada Indonesia
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk