Sebagai koordinator program kegiatan penanaman nilai-nilai Pancasila di siswa, tanggung jawab saya adalah merencanakan, mengorganisir, dan mengawasi pelaksanaan program ini.
Saya bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menyusun materi pembelajaran yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila, serta melakukan koordinasi dengan guru dan staff sekolah dalam implementasi program ini.
Selain itu, saya juga akan memantau dan mengevaluasi efektivitas program, serta berkomunikasi dengan pihak terkait seperti orangtua dan mitra eksternal untuk mendapatkan dukungan dan umpan balik yang diperlukan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai Coordinator program kegiatan penanaman nilai-nilai Pancasila di siswa adalah seorang yang memiliki keahlian dalam merencanakan dan mengorganisir kegiatan, serta memiliki pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai Pancasila dan kemampuan untuk mengkomunikasikan nilai-nilai ini kepada siswa.
Kemampuan untuk bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti guru, orang tua, dan mahasiswa juga penting dalam menjalankan tugas ini.
Jika kamu tidak memiliki minat atau nilai yang kuat terhadap Pancasila, kamu mungkin tidak cocok menjadi koordinator program kegiatan penanaman nilai-nilai Pancasila di siswa.
Miskonsepsi tentang profesi Coordinator program kegiatan penanaman nilai-nilai Pancasila di siswa adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan penyampaian materi kepada siswa. Padahal, di realita, seorang coordinator juga harus merancang dan mengorganisir program-program yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila.
Ekspektasi terhadap profesi ini adalah bahwa seorang coordinator dapat dengan mudah mengubah pandangan siswa terkait nilai-nilai Pancasila dalam waktu singkat. Namun, dalam realita, perubahan nilai-nilai yang diamati membutuhkan waktu yang lebih lama dan konsistensi yang tinggi.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti guru pembimbing siswa adalah bahwa seorang coordinator program kegiatan penanaman nilai-nilai Pancasila biasanya fokus pada aspek pelaksanaan program dan pemantauan kemajuan siswa terkait nilai-nilai tersebut, sedangkan guru pembimbing lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan akademik dan kesejahteraan siswa secara umum.