Pekerjaan sebagai dekorator acara melibatkan merancang dan mendekorasi ruang acara agar sesuai dengan tema dan konsep yang diinginkan.
Tugas utama meliputi pemilihan dan pengaturan dekorasi, seperti bunga, lampu, meja, kursi, hiasan dinding, dan properti lainnya, sesuai dengan kebutuhan acara.
Selain itu, dekorator acara juga perlu berkoordinasi dengan klien untuk memahami visi dan kebutuhan mereka, serta bekerja sama dengan tim lain, seperti penyelenggara acara, fotografer, dan pihak terkait lainnya, untuk menciptakan pengalaman yang indah dan mememorable bagi para tamu.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Dekorator Acara adalah kreatif, memiliki kemampuan visual yang baik, dan memiliki pengetahuan tentang tren dekorasi terkini.
Sebagai seorang dekorator acara, seseorang juga perlu memiliki kemampuan mengatur waktu dengan baik dan mampu bekerja dalam tekanan yang tinggi untuk memastikan setiap detail dekorasi terpenuhi dengan sempurna.
Jika kamu tidak memiliki kreativitas yang tinggi, tidak bisa bekerja dengan detail, dan tidak memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain, maka kamu tidak cocok sebagai dekorator acara atau event.
Miskonsepsi tentang dekorator acara adalah mereka hanya bertugas menghias ruangan. Padahal mereka juga harus merencanakan konsep, mengatur dekorasi, dan menyesuaikan dengan tema acara.
Ekspektasi vs realita, orang berpikir menjadi dekorator acara hanya tentang membuat segalanya terlihat sempurna, tetapi sebenarnya mereka juga harus menghadapi tantangan seperti anggaran terbatas, perubahan last-minute, atau permasalahan teknis.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti event planner adalah dekorator acara lebih fokus pada aspek hiasan dan pengaturan visual, sedangkan event planner bertanggung jawab untuk merencanakan keseluruhan acara.