Pekerjaan sebagai seorang Desainer Pengalaman Pengguna melibatkan menciptakan pengalaman yang optimal bagi pengguna dalam menggunakan produk atau layanan.
Tugas utama meliputi melakukan riset pengguna, membuat wireframe dan prototipe, melakukan pengujian pengguna, dan mengatur desain antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim pengembang, tim desain grafis, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan desain yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Desainer Pengalaman Pengguna (User Experience Designer) adalah seseorang yang kreatif, memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan pengguna, dan mampu menerapkan prinsip desain yang baik untuk menciptakan pengalaman pengguna yang optimal.
Mengingat pentingnya kolaborasi dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerja dalam tim, dan memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi dan tren desain terkini.
Jika kamu tidak memiliki kreativitas tinggi, tidak peka terhadap kebutuhan pengguna, dan tidak dapat berpikir secara analitis, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Desainer Pengalaman Pengguna adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk membuat tampilan dan animasi di dalam produk atau situs web, padahal sebenarnya mereka bertugas untuk menciptakan pengalaman yang memuaskan dan intuitif bagi pengguna.
Miskonsepsi lainnya adalah menganggap bahwa Desainer Pengalaman Pengguna hanya perlu mengandalkan insting kreatif mereka tanpa dasar pengetahuan tentang psikologi pengguna dan data analisis. Padahal, realitanya mereka harus menggabungkan pengetahuan praktis dan teoritis untuk mencapai hasil yang optimal.
Perbedaan utama antara Desainer Pengalaman Pengguna (UX Designer) dengan Desainer Antarmuka Pengguna (UI Designer) adalah fokus kerjanya. UI Designer lebih berfokus pada aspek visual dan estetika desain, sementara UX Designer lebih fokus pada penelitian, analisis, dan perancangan fungsi dan interaksi pengguna secara keseluruhan.