Dosen mata pelajaran teknologi pendidikan bertanggung jawab dalam mengajar dan membimbing mahasiswa dalam bidang teknologi pendidikan.
Pekerjaan ini meliputi menyusun materi kuliah, memberikan penjelasan, dan mengadakan diskusi serta praktikum.
Selain itu, dosen ini juga harus melakukan penelitian dan pengembangan bidang teknologi pendidikan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kualitas pengajaran.
Profil orang yang cocok untuk menjadi dosen mata pelajaran teknologi pendidikan adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam teknologi pendidikan, serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan mahasiswa.
Sangat diharapkan bahwa seorang dosen mata pelajaran teknologi pendidikan juga memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pendidikan dan mampu menginspirasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang teknologi pendidikan.
Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah yang tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang teknologi dan tidak memiliki kemampuan mengajar yang baik.
Miskonsepsi tentang profesi Dosen mata pelajaran teknologi pendidikan adalah bahwa mereka hanya mengajarkan tentang teknologi saja, padahal mereka juga memiliki pemahaman yang dalam tentang prinsip-prinsip pendidikan.
Ekspektasi yang sering muncul adalah bahwa Dosen mata pelajaran teknologi pendidikan akan sangat ahli dalam menggunakan dan menguasai semua jenis perangkat dan aplikasi teknologi, namun realitanya mereka juga terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru teknologi atau IT, terletak pada fokus pendekatan mereka. Dosen mata pelajaran teknologi pendidikan lebih berfokus pada penerapan teknologi dalam pembelajaran dan pengembangan metode pembelajaran yang inovatif, sedangkan guru teknologi atau IT lebih berfokus pada mengajarkan ketrampilan teknis kepada siswa.