Sebagai seorang guru bimbingan konseling bahasa daerah, tanggung jawab utama saya adalah membantu siswa dalam memahami, mempelajari, dan menguasai bahasa daerah yang diajarkan di sekolah.
Saya juga bertanggung jawab untuk memberikan panduan dan pendampingan kepada siswa dalam berbagai aspek penggunaan bahasa daerah, seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.
Selain itu, saya juga berperan sebagai mediator dalam membantu siswa mengatasi masalah dan konflik yang mungkin timbul dalam penggunaan bahasa daerah, serta memberikan dukungan psikologis dan sosial kepada mereka.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Guru Bimbingan Konseling Bahasa Daerah adalah mereka yang menguasai bahasa daerah dengan baik, memiliki kepedulian terhadap pendidikan dan kesejahteraan siswa, serta memiliki kemampuan mendengarkan dan empati yang tinggi.
Dalam pekerjaan ini, mereka juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja sama dengan pengajar dan orang tua siswa.
Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan yang cukup tentang bahasa daerah, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan sebagai guru bimbingan konseling bahasa daerah.
Miskonsepsi tentang profesi Guru Bimbingan Konseling Bahasa Daerah adalah bahwa ekspektasi orang seringkali berpikir bahwa tugas utama mereka adalah hanya mengajar bahasa daerah, padahal tugas utama mereka adalah memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa terkait masalah emosional, sosial, dan pribadi.
Realita profesi Guru Bimbingan Konseling Bahasa Daerah adalah bahwa mereka tidak hanya mengajar bahasa daerah, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, memecahkan masalah pribadi, mengatasi stres, dan memberikan panduan untuk membentuk identitas budaya siswa.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Guru Bahasa Daerah, adalah bahwa Guru Bimbingan Konseling Bahasa Daerah memiliki peran tambahan dalam memberikan dukungan emosional dan sosial kepada siswa, serta membantu mereka dalam hal pengembangan diri dan mengatasi masalah pribadi.