Menyampaikan materi pelajaran IPA kepada siswa-siswa Madrasah setiap harinya.
Merencanakan dan menyusun rencana pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mengadakan praktikum dan eksperimen sebagai sarana memperkuat pemahaman siswa dalam materi pelajaran IPA.
Profil orang yang cocok untuk menjadi seorang Guru IPA di Madrasah adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas tentang ilmu pengetahuan alam, memiliki kemampuan mengajar yang baik, dan memiliki dedikasi dalam mendidik siswa-siswinya.
Seorang guru yang cocok untuk posisi ini juga harus memiliki jiwa pelayanan, dan dapat menginspirasi siswa-siswanya untuk memiliki minat dan semangat belajar dalam bidang ilmu pengetahuan alam.
Jika kamu tidak menyukai materi-materi ilmiah, tidak sabar dalam mengajarkan konsep-konsep yang kompleks, dan tidak memiliki keterampilan dalam mengelola kelas yang aktif dan bersemangat, kemungkinan kamu akan tidak cocok menjadi guru IPA di Madrasah.
Miskonsepsi tentang profesi Guru IPA di Madrasah adalah ekspektasinya hanya mengajar pelajaran IPA secara teori, padahal realitanya mereka juga harus mengajar pelajaran agama Islam.
Banyak yang mengira bahwa Guru IPA di Madrasah tidak mengalami tantangan dan tugas yang sama dengan Guru IPA di sekolah umum, namun sebenarnya mereka juga menangani siswa dengan berbagai macam latar belakang dan tingkat pemahaman yang berbeda.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Guru IPA di sekolah umum, adalah Guru IPA di Madrasah juga harus fokus pada nilai-nilai agama Islam dalam pengajaran mereka, sehingga mereka perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang kedua bidang pengetahuan tersebut.