Hotel Reservations Specialist

  Profil Profesi

Sebagai spesialis reservasi hotel, tanggung jawab utama Anda adalah mengelola dan mengkoordinasikan pemesanan kamar hotel.

Anda akan berinteraksi dengan tamu melalui telepon, email, atau sistem reservasi online untuk mengatur detail pemesanan, termasuk tanggal menginap, preferensi kamar, dan kebutuhan khusus lainnya.

Selain itu, Anda juga akan bekerja sama dengan departemen lain di hotel, seperti pemasaran dan keuangan, untuk memastikan bahwa pemesanan terekam dengan benar dan semua informasi yang diperlukan sudah tersedia.

Apa saya cocok bekerja sebagai Hotel reservations specialist?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Hotel reservations specialist adalah seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dapat berkerja dalam tekanan, dan mempunyai pengetahuan yang kuat tentang industri perhotelan.

Seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan organisasi yang baik dan detail-oriented untuk mengelola reservasi hotel secara efisien dan akurat.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kurang sabar dan sulit beradaptasi dengan perubahan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan Hotel Reservation Specialist.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Hotel reservations specialist adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas menerima pesanan dan mengatur pemesanan hotel saja. Padahal, mereka juga harus secara aktif berkomunikasi dengan tamu hotel, memberikan informasi mengenai layanan dan fasilitas hotel, serta menyelesaikan masalah atau keluhan tamu.

Ekspektasi yang salah tentang Hotel reservations specialist adalah bahwa mereka bekerja dalam lingkungan yang santai dan tidak terlalu sibuk. Namun, realitanya adalah pekerjaan ini seringkali membutuhkan mereka untuk bekerja di bawah tekanan, terutama saat menghadapi situasi yang memerlukan penyelesaian cepat atau saat menghadapi tamu yang tidak puas.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti front desk staff, adalah bahwa Hotel reservations specialist fokus pada tugas-tugas terkait pemesanan dan manajemen reservasi tamu. Sementara itu, front desk staff bertanggung jawab untuk menyambut tamu, mendaftarkan mereka, memberikan kunci kamar, dan memberikan informasi umum tentang hotel.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perhotelan
Pariwisata dan Perhotelan
Manajemen Bisnis Hotel
Administrasi Bisnis Hotel
Manajemen Terapan Bidang Perhotelan
Komunikasi Perhotelan
Manajemen Layanan perhotelan
Perhotelan dan Manajemen Restoran
Ekonomi Pariwisata
Manajemen Operasional Hotel

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel OYO
Hotel Pullman Jakarta
Hotel Aryaduta
Hotel Grand Sahid Jaya
Hotel Shangri-La Jakarta
Hotel Mandarin Oriental Jakarta
Hotel Raffles Jakarta
Hotel AYANA Midplaza Jakarta
Hotel Fairmont Jakarta
Hotel Grand Hyatt Jakarta