Insinyur Pemeliharaan Pesawat

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai insinyur pemeliharaan pesawat melibatkan melakukan pemeliharaan dan perbaikan peralatan serta sistem pesawat untuk memastikan kelayakan dan keselamatan operasional.

Tugas utama meliputi melakukan pemeliharaan terjadwal, inspeksi, dan pemecahan masalah pada sistem mekanis, elektrikal, dan elektronik pesawat.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan kinerja pesawat, melakukan pengujian dan verifikasi, serta membuat laporan pemeliharaan secara teratur.

Apa saya cocok bekerja sebagai Insinyur pemeliharaan pesawat?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Insinyur Pemeliharaan Pesawat adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang mekanik dan sistem pesawat terbang, serta kepemimpinan yang kuat dalam memimpin tim pemeliharaan pesawat.

Dalam pekerjaan ini, seorang insinyur pemeliharaan pesawat juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik dan dapat bekerja di bawah tekanan untuk memastikan keselamatan dan kinerja pesawat yang optimal.

Jika kamu tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang mekanik dan tidak teliti dalam melakukan pemeliharaan serta tidak bisa bekerja dengan presisi dan kehati-hatian, maka kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai insinyur pemeliharaan pesawat.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Sebagai insinyur pemeliharaan pesawat, diharapkan mereka akan selalu berada di udara dan memperbaiki pesawat-pesawat yang rusak dengan kecepatan tinggi.

Realita: Pekerjaan mereka lebih banyak dilakukan di darat, melakukan pemeliharaan rutin dan perawatan pesawat secara menyeluruh dengan ketelitian tinggi.

Miskonsepsi: Insinyur pemeliharaan pesawat hanya bertanggung jawab dalam perbaikan fisik pesawat.

Perbedaan dengan profesi mirip: Teknisi pesawat terbang, yang bertugas utama dalam

perbaikan langsung dan penanganan masalah teknis pada pesawat. Insinyur pemeliharaan pesawat, di sisi lain, lebih berfokus pada perencanaan dan pengawasan pemeliharaan serta memastikan pesawat bekerja dengan efisiensi maksimal.

Miskonsepsi: Insinyur pemeliharaan pesawat selalu bekerja di bandara dan bersama-sama dengan pilot.

Realita: Insinyur pemeliharaan pesawat bekerja di fasilitas pemeliharaan yang khusus dan memiliki jadwal kerja yang berbeda dengan pilot. Mereka lebih banyak berinteraksi dengan teknisi dan mekanik untuk melakukan koordinasi dalam pemeliharaan pesawat.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Pesawat Terbang
Teknik Mesin
Teknik Elektro
Teknik Elektronika
Teknik Otomotif
Teknik Manufaktur
Teknik Industri
Teknik Material
Teknik Mekatronika
Teknik Instrumentasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Garuda Indonesia
Lion Air
AirAsia Indonesia
Batik Air
Sriwijaya Air
Citilink Indonesia
Wings Air
Indonesian Air Force (TNI AU)
Pelita Air Service
Cardig Air