Pekerjaan sebagai instruktur teknologi pendidikan mencakup mengajar dan membimbing siswa dalam menggunakan teknologi untuk keperluan pendidikan.
Tugas pokok meliputi merancang dan menyusun materi pembelajaran yang melibatkan teknologi, memberikan pelatihan kepada siswa dan guru tentang penggunaan perangkat dan aplikasi pendidikan, serta menyediakan dukungan teknis saat ada masalah dalam penggunaan teknologi.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan upaya pengembangan dan penelitian untuk memastikan penggunaan teknologi yang efektif dan inovatif dalam proses pembelajaran.
Seorang yang cocok untuk tipe pekerjaan Instruktur Teknologi Pendidikan adalah seorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam penggunaan teknologi pendidikan, serta memiliki kemampuan dalam menyampaikan materi pembelajaran secara efektif kepada peserta didik.
Kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi pendidikan yang terus berkembang dan memiliki kreativitas dalam merancang strategi pembelajaran dengan menggunakan teknologi juga adalah faktor penting dalam pekerjaan ini.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan teknologi yang cukup dan sulit beradaptasi dengan perubahan teknologi, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai instruktur teknologi pendidikan.
Miskonsepsi umum tentang profesi Instruktur Teknologi Pendidikan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab mengajar mengenai komputer dan teknologi saja, padahal sebenarnya mereka juga memiliki tugas untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar secara efektif.
Ekspektasi yang salah terkait dengan profesi ini adalah bahwa Instruktur Teknologi Pendidikan hanya perlu memiliki pengetahuan teknis tentang perangkat lunak dan perangkat keras. Padahal, mereka juga harus memiliki pemahaman mendalam tentang metode pembelajaran dan desain instruksional yang efektif.
Perbedaan mencolok antara profesi Instruktur Teknologi Pendidikan dan profesi yang mirip, seperti guru komputer, adalah bahwa Instruktur Teknologi Pendidikan lebih berfokus pada pengembangan kurikulum dan strategi teknologi yang mendukung proses belajar mengajar secara menyeluruh, sementara guru komputer lebih fokus pada pengajaran langsung mengenai penggunaan perangkat dan program komputer.