Pekerjaan sebagai Kepala Departemen Rantai Pasokan adalah memastikan aliran barang dan materi dari pemasok ke pelanggan terjadi dengan efisien dan tepat waktu.
Tugas utama meliputi perencanaan dan pengendalian aktivitas pencarian, pengadaan, produksi, dan distribusi.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi antara departemen produksi, pemasaran, dan logistik untuk memastikan keselarasan dalam rantai pasokan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Departemen Rantai Pasokan adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang kuat tentang logistik, distribusi, dan pengelolaan inventaris di dalam suatu perusahaan.
Sebagai pemimpin, kandidat juga harus memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan strategis, serta keterampilan komunikasi dan kepemimpinan yang baik.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan dalam mengatur dan mengelola rantai pasokan, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang kepala departemen rantai pasokan adalah bahwa pekerjaannya hanya melibatkan koordinasi antara pemasok dan pelanggan. Namun, realitanya, mereka juga bertanggung jawab mengelola persediaan, mengidentifikasi risiko, dan mengoptimalkan operasi logistik.
Ada ekspektasi bahwa kepala departemen rantai pasokan hanya harus memiliki pengetahuan teknis tentang logistik dan manajemen persediaan. Padahal, mereka juga perlu memiliki keterampilan interpersonal yang kuat untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait, seperti pemasok, pelanggan, dan departemen internal lainnya.
Perbedaan dengan profesi mirip, seperti kepala departemen pengadaan, adalah bahwa mereka lebih fokus pada proses pembelian dan negosiasi dengan pemasok. Sementara kepala departemen rantai pasokan memiliki peran yang lebih holistik, mengelola aliran produk dari pemasok hingga pelanggan akhir.