Kepala sekolah kebidanan bertanggung jawab dalam pengelolaan dan pengembangan program pendidikan kebidanan.
Tugas utama meliputi merencanakan, mengorganisir, dan mengkoordinasikan kegiatan belajar mengajar di sekolah kebidanan.
Selain itu, kepala sekolah kebidanan juga berperan dalam memastikan kelancaran proses pembelajaran, melakukan evaluasi, dan menjalin kerjasama dengan pihak terkait.
Seorang kepala sekolah kebidanan yang cocok adalah seseorang yang memiliki pengalaman dan pemahaman yang mendalam tentang bidang kebidanan serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang efektif dalam mengarahkan dan mengelola tim pengajar dan staf sekolah.
Sebagai pemimpin, kepala sekolah kebidanan juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, memiliki visi yang jelas untuk pengembangan sekolah, dan kemampuan dalam mengambil keputusan yang strategis dan berorientasi pada kualitas pendidikan.
Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai kepala sekolah kebidanan adalah mereka yang tidak memiliki pengalaman atau pemahaman dalam bidang kebidanan dan kurang memiliki keterampilan kepemimpinan yang efektif.
Miskonsepsi tentang profesi Kepala Sekolah Kebidanan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk administrasi sekolah tanpa terlibat langsung dalam praktik kebidanan. Namun, kenyataannya, Kepala Sekolah Kebidanan juga terlibat dalam pengembangan kurikulum, memantau kegiatan akademik, dan berinteraksi dengan mahasiswa serta staf pengajar.
Ekspektasi terhadap Kepala Sekolah Kebidanan sering kali melebihi kemampuan mereka dalam menghadapi semua tuntutan pekerjaan secara seimbang. Mereka diharapkan mampu menjadi pemimpin yang inspiratif, memiliki pengetahuan medis yang mendalam, serta mengelola aspek administratif secara efektif. Namun, dalam kenyataannya, Kepala Sekolah Kebidanan juga manusia dengan keterbatasan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti dokter atau bidan, adalah bahwa Kepala Sekolah Kebidanan lebih fokus pada pengelolaan institusi pendidikan kebidanan dan pengembangan kurikulum. Mereka bekerja untuk memastikan mahasiswa mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan melatih staf pengajar agar dapat memberikan pembelajaran yang efektif.