Komunikator Olahraga

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai komunikator olahraga melibatkan komunikasi dan penyampaian informasi terkait dunia olahraga kepada masyarakat.

Tugas utama meliputi wawancara dengan atlet, pelatih, dan pejabat olahraga, serta menyampaikan hasil pertandingan olahraga dan kabar terkini kepada masyarakat melalui media massa.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan penulisan artikel olahraga, pembuatan konten media sosial, dan pembuatan laporan pertandingan untuk keperluan penyiaran olahraga.

Apa saya cocok bekerja sebagai Komunikator olahraga?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Komunikator Olahraga adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai olahraga, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu mengartikulasikan informasi dengan jelas dan menarik.

Seorang kandidat juga harus mampu beradaptasi dengan cepat, memiliki minat yang tinggi dalam dunia olahraga, dan memiliki kemampuan interpersonal yang kuat untuk menjalin hubungan dengan atlet dan pihak terkait.

Jika kamu adalah seorang yang tidak tertarik dan tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang olahraga, maka kamu tidak cocok sebagai seorang komunikator olahraga.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Komunikator Olahraga adalah bahwa mereka hanya perlu mengerti dan mengomentari pertandingan olahraga, padahal sebenarnya tugas mereka juga mencakup riset, wawancara, dan analisis mendalam mengenai dunia olahraga.

Ekspektasi terhadap Komunikator Olahraga seringkali mengira bahwa pekerjaan mereka hanya glamor dan seru, tanpa menyadari betapa kerasnya bekerja di balik layar untuk menghasilkan siaran atau tulisan olahraga yang berkualitas.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Atlet atau Pelatih, adalah bahwa Komunikator Olahraga lebih fokus pada aspek komunikasi dan pemahaman tentang dunia olahraga, sedangkan Atlet atau Pelatih lebih fokus pada aspek fisik, teknik, dan strategi dalam berolahraga.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Jurnalistik
Broadcasting
Public Relations
Marketing Komunikasi
Komunikasi Visual
Komunikasi Massa
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Manajemen Olahraga

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Liga Indonesia Baru (LIB)
PT Persija Jakarta
PT Persib Bandung
PT Persipura Jayapura
PT Bali United
PT Arema FC
PT Persela Lamongan
PT PSM Makassar
PT Persebaya Surabaya
PT Bhayangkara FC