Konsultan Manajemen Acara Olahraga

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai konsultan manajemen acara olahraga melibatkan perencanaan, koordinasi, dan pelaksanaan acara olahraga.

Tugas utama meliputi pemilihan lokasi, pengorganisasian tim, pengelolaan anggaran, serta menyusun jadwal dan program acara.

Selain itu, pekerjaan ini juga membutuhkan kemampuan dalam mengatur logistik, berkomunikasi dengan penyelenggara, atlet, dan sponsor, serta memastikan semua aspek acara berjalan dengan lancar.

Apa saya cocok bekerja sebagai Konsultan manajemen acara olahraga?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Konsultan Manajemen Acara Olahraga adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang dunia olahraga, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan kreatif dalam merancang strategi dan konsep acara olahraga yang menarik.

Dalam peran ini, seorang konsultan juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, mampu bekerja dengan berbagai pihak yang terlibat dalam acara, dan memiliki kemampuan mengatasi tantangan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan acara.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan tentang olahraga, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi konsultan manajemen acara olahraga adalah bahwa pekerjaannya hanya tentang menonton dan mengatur perjalanan acara. Padahal, seorang konsultan juga harus mengurus aspek logistik yang kompleks, seperti perizinan, keamanan, dan pengaturan sponsor.

Ekspektasi umumnya adalah bahwa seorang konsultan manajemen acara olahraga akan bekerja dengan atlet terkenal dan tim profesional. Realitanya, sebagian besar pekerjaan mereka melibatkan acara-acara yang lebih kecil dan mengurus aspek administratif yang mendasar.

Perbedaan dengan profesi serupa, seperti event planner atau manajer acara, adalah bahwa konsultan manajemen acara olahraga lebih berkonsentrasi pada aspek khusus acara olahraga. Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang dunia olahraga dan menyediakan rekomendasi strategis untuk memastikan suksesnya acara olahraga tersebut.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Acara
Manajemen Olahraga
Pemasaran
Komunikasi
Manajemen Bisnis
Pariwisata dan Perhotelan
Public Relations
Manajemen Proyek
Keuangan
Teknologi Informasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Liga Indonesia Baru (LIB)
PT Indonesia Football Association (PSSI)
PT Gelora Trisula Semesta (GTS)
PT Jakarta International Expo (JIEXPO)
PT Indonesia Entertainment Group (INEG)
PT Mahaka Media Tbk
PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI)
PT MNC Media Tbk
PT Trans Media Corpora
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek)