Koordinator Komunikasi Rumah Sakit

  Profil Profesi

Sebagai Koordinator Komunikasi Rumah Sakit, tanggung jawab utama termasuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi komunikasi intern dan ekstern rumah sakit.

Pekerjaan ini melibatkan pengelolaan dan penyediaan konten komunikasi, seperti pengendalian website, media sosial, bahan promosi, dan publikasi berita.

Selain itu, Koordinator Komunikasi Rumah Sakit juga bertanggung jawab untuk memastikan pesan yang disampaikan secara efektif kepada seluruh karyawan rumah sakit, pasien, dan masyarakat umum.

Apa saya cocok bekerja sebagai Koordinator Komunikasi Rumah Sakit?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Komunikasi Rumah Sakit adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu bekerja secara tim, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang sistem kesehatan.

Dalam pekerjaan ini, seseorang juga harus memiliki kepribadian yang ramah, dapat beradaptasi dengan cepat, dan mampu mengelola proyek komunikasi dengan efektif.

Jika kamu adalah seseorang yang sulit berkomunikasi dengan orang lain, tidak memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik, dan tidak mampu bekerja dalam situasi yang berubah-ubah, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi tentang profesi Koordinator Komunikasi Rumah Sakit seringkali menganggap bahwa pekerjaan ini hanya berkaitan dengan mengelola media sosial rumah sakit. Padahal, di realita, tugasnya lebih kompleks, meliputi penyusunan strategi komunikasi internal dan eksternal, koordinasi dengan media massa, dan pengelolaan krisis komunikasi.

Beberapa miskonsepsi juga menganggap bahwa menjadi Koordinator Komunikasi Rumah Sakit hanya butuh keahlian dalam bidang komunikasi saja. Padahal, dalam realita, seorang koordinator juga perlu memiliki pengetahuan tentang dunia kesehatan dan medis agar dapat mengkomunikasikan informasi yang benar dan akurat kepada publik.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Public Relations atau Humas Rumah Sakit, terletak pada tanggung jawab dan ruang lingkup pekerjaannya. Seorang Koordinator Komunikasi Rumah Sakit memiliki peran yang lebih strategis dalam mengelola komunikasi dan memastikan pesan yang disampaikan sesuai dengan visi dan misi rumah sakit, sementara Public Relations atau Humas lebih fokus pada hubungan dengan media dan pemasaran institusi secara umum.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Manajemen Komunikasi
Public Relations
Ilmu Komunikasi
Komunikasi Bisnis
Marketing Komunikasi
Konseling dan Komunikasi
Kesehatan Masyarakat
Manajemen Rumah Sakit
Administrasi Kesehatan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Rumah Sakit Pelni Jakarta
Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta
Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta
Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk Jakarta
Rumah Sakit Premier Bintaro Tangerang Selatan
Rumah Sakit Mayapada Tangerang
Rumah Sakit Gading Pluit Jakarta
Rumah Sakit Harapan Bunda Jakarta
Rumah Sakit Omni Alam Sutera Tangerang
Rumah Sakit Puri Cinere Depok