Tanggung jawab koordinator pembinaan pendidikan sekolah dasar adalah mengawasi dan mengkoordinasi program pendidikan di sekolah dasar.
Pekerjaan ini meliputi memastikan implementasi kurikulum, memonitor kegiatan pembelajaran, serta melakukan evaluasi terhadap kualitas pendidikan yang diberikan.
Selain itu, koordinator juga bertanggung jawab dalam memberikan bimbingan kepada guru-guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan dukungan dalam pengembangan program pendidikan di sekolah dasar.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar adalah seseorang yang memiliki pengalaman dalam menganalisis data pendidikan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan guru dan staf pendidikan, serta memiliki pemahaman dalam merancang program pembinaan pendidikan yang efektif.
Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga perlu memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat dan dapat bekerja secara kolaboratif dengan pihak terkait baik di internal maupun eksternal sekolah.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, tidak sabar, dan tidak menyukai bekerja dengan anak-anak.
Miskonsepsi tentang Koordinator Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar adalah bahwa pekerjaannya hanya mengurus administrasi dan tidak terlibat langsung dalam proses belajar mengajar.
Ekspektasi umum tentang Koordinator Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab dalam pengembangan kurikulum dan tidak terlibat dalam penilaian dan pemantauan proses pembelajaran di kelas.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, Koordinator Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar bertanggung jawab langsung pada bidang pendidikan khususnya untuk tingkat Sekolah Dasar, sedangkan Kepala Sekolah lebih bertanggung jawab pada manajemen dan pengambilan keputusan secara keseluruhan di sekolah.