Sebagai koordinator perawat, tugas utama meliputi mengatur jadwal dan tugas perawat di rumah sakit atau pusat perawatan.
Selain itu, koordinator perawat juga bertanggung jawab dalam melakukan supervisi terhadap perawat dalam menjalankan tugasnya.
Pekerjaan ini juga melibatkan pengaturan dan pemantauan kebutuhan perawatan pasien serta penyelesaian masalah yang muncul selama proses perawatan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Perawat adalah seseorang yang memiliki pengalaman dalam mengorganisir dan mengawasi tim, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta memiliki pemahaman mendalam tentang praktik perawatan kesehatan.
Seorang kandidat yang baik juga harus memiliki keahlian dalam mengambil keputusan yang cepat, memiliki kemampuan multitasking yang baik, dan dapat bekerja dengan efektif dalam situasi yang stres.
Jika kamu memiliki kurangnya kemampuan dalam mengkoordinasikan dan mengatur tugas-tugas perawat serta kurangnya kemampuan dalam mengambil keputusan dalam situasi yang mendesak, kamu mungkin tidak cocok sebagai seorang koordinator perawat.
Ekspektasi: Sebagai koordinator perawat, diharapkan bahwa tugasnya hanya mengatur jadwal dan menjaga kelancaran operasional. Realita: Sebenarnya, koordinator perawat juga harus terlibat dalam penilaian pasien, memberikan arahan kepada perawat di lapangan, dan mengambil keputusan penting terkait perawatan pasien.
Koordinator perawat sering disamakan dengan manajer perawat, padahal keduanya memiliki peran yang berbeda. Manajer perawat bertanggung jawab mengelola unit atau departemen perawatan kesehatan secara keseluruhan, sedangkan koordinator perawat lebih fokus pada penjadwalan dan koordinasi perawat di lapangan.
Salah satu miskonsepsi tentang koordinator perawat adalah bahwa mereka tidak langsung berinteraksi dengan pasien. Padahal, dalam beberapa situasi, koordinator perawat juga harus berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan pasien, terutama dalam hal koordinasi perawatan atau mengatasi masalah yang timbul.