Seorang koordinator program pembelajaran bertanggung jawab dalam mengelola dan mengkoordinasi program pembelajaran di sebuah institusi pendidikan.
Tugas utamanya meliputi perencanaan kurikulum, pengembangan materi pembelajaran, dan penjadwalan sesi pembelajaran.
Selain itu, seorang koordinator program pembelajaran juga bertanggung jawab dalam memonitor dan mengevaluasi hasil pembelajaran serta memberikan dukungan kepada guru dalam implementasi program pembelajaran yang efektif.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Program Pembelajaran adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan mampu mengembangkan program pembelajaran yang inovatif serta efektif.
Dalam menjalankan tugasnya, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, mampu bekerja sama dengan berbagai pihak, dan memiliki kepedulian terhadap perkembangan pendidikan.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Koordinator Program Pembelajaran adalah individu yang tidak memiliki kemampuan untuk mengatur dan mengkoordinasikan kegiatan pembelajaran, kurang mampu berkomunikasi dengan baik, serta tidak memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam proses pembelajaran.
Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Program Pembelajaran adalah bahwa tugasnya hanya bersifat administratif dan merencanakan jadwal saja, padahal sebenarnya mereka juga harus aktif dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif.
Ekspektasi terhadap Koordinator Program Pembelajaran sering kali menjadi ketidakterjangkauan yang tidak realistis, di mana diharapkan mereka dapat mengatasi semua masalah dalam proses pembelajaran, padahal sebenarnya mereka juga bekerja sama dengan guru dan staf lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ketika dibandingkan dengan profesi yang mirip seperti Kepala Sekolah atau Supervisor Pendidikan, perbedaan utama Koordinator Program Pembelajaran adalah fokus mereka yang lebih khusus pada pengembangan dan implementasi program pembelajaran, bukan mengelola secara keseluruhan aspek sekolah.