Sebagai koordinator program sekolah dasar, tugas utama meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan di tingkat sekolah dasar.
Koordinator harus berkomunikasi dengan kepala sekolah, guru, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan kelancaran dan keefektifan program tersebut.
Selain itu, koordinator juga bertanggung jawab dalam memantau perkembangan siswa dan memberikan dukungan serta perubahan penting dalam program pendidikan.
Seorang yang cocok sebagai Koordinator Program Sekolah Dasar adalah seseorang yang memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan, memiliki kemampuan organisasi yang baik, dan mampu bekerja dengan berbagai pihak terkait dalam mengatur program-program pendidikan yang efektif.
Selain itu, seorang yang cocok juga harus memiliki kepemimpinan yang kuat, kreatif, dan komunikatif untuk menginspirasi dan memotivasi tim dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, tidak sabar dalam menghadapi anak-anak, dan kurang memiliki kepedulian terhadap pendidikan.
Miskonsepsi tentang profesi Koordinator Program Sekolah Dasar adalah bahwa mereka hanya perlu mengatur jadwal dan administrasi belaka, padahal sebenarnya mereka juga harus merancang program pembelajaran yang efektif dan mengelola perkembangan siswa.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa mereka hanya bertugas mengawasi guru-guru, sedangkan realitanya mereka juga harus bekerja sama dengan orangtua siswa, staf sekolah, dan pihak luar lainnya untuk mencapai tujuan pendidikan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Kepala Sekolah, adalah bahwa Koordinator Program Sekolah Dasar lebih fokus pada perencanaan dan implementasi program pembelajaran, sementara Kepala Sekolah lebih fokus pada pengelolaan keseluruhan operasional sekolah dan kepemimpinan.