Memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, dan melaksanakan acara atau kegiatan dengan mengkoordinasikan berbagai hal seperti lokasi, jadwal, pemilihan vendor, dan promosi.
Selain itu, manajer acara juga bertanggung jawab dalam mengawasi dan memastikan segala aspek dari acara berjalan lancar, termasuk pengaturan dekorasi, pelaksanaan program, dan penanganan masalah yang mungkin muncul.
Kemampuan dalam memimpin tim, menyusun anggaran, dan memiliki kreativitas dalam menciptakan konsep acara juga menjadi keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan ini.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Acara atau Event Organizer adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan interpersonal yang kuat, dan mampu mengatur waktu dengan baik, akan cenderung cocok dengan pekerjaan Manajer Acara atau Event Organizer.
Mengingat pekerjaan ini melibatkan banyak kerja tim dan koordinasi dengan berbagai pihak, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan negosiasi yang baik dan dapat bekerja di bawah tekanan.
Jika kamu tidak memiliki keterampilan dalam mengkoordinasikan dan mengorganisir acara, serta tidak bisa bekerja dengan cepat dan efisien, kamu mungkin tidak cocok menjadi seorang manajer acara atau event organizer.
Ekspektasi: Manajer acara dianggap hanya bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengatur acara tanpa memperhitungkan tantangan dan kerumitan di balik layar. Realita: Manajer acara harus menghadapi segala kemungkinan yang muncul selama acara berlangsung, dari teknis hingga logistik, untuk memastikan semua berjalan lancar.
Perbedaan dengan profesI yang mirip: Manajer acara berfokus pada pengelolaan acara secara keseluruhan, sedangkan event organizer cenderung merujuk pada pihak yang bertanggung jawab dalam merencanakan acara seperti pesan catering, dekorasi, dan hiburan.
Ekspektasi: Manajer acara sering dianggap sebagai profesi yang glamor dan hanya bekerja pada acara besar dan mahal. Realita: Manajer acara juga bekerja pada acara kecil dan sederhana, serta membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk memastikan kelancaran acara tersebut.