Manajer Acara Televisi

  Profil Profesi

Sebagai seorang manajer acara televisi, tanggung jawab utama adalah mengatur dan mengkoordinasikan semua aspek acara televisi, termasuk jadwal tayang, konsep, dan produksi.

Pekerjaan ini melibatkan pengawasan tim produksi, penentuan tema acara yang sesuai dengan target audiens, serta pemilihan bintang tamu atau narator yang tepat.

Selain itu, seorang manajer acara televisi juga bertanggung jawab dalam memastikan kepatuhan acara dengan regulasi yang berlaku, termasuk norma-norma budaya dan persyaratan teknis dalam penyiaran televisi.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer acara televisi?

Seorang manajer acara televisi yang cocok adalah seseorang yang kreatif dan inovatif dalam merancang dan mengatur acara-acara yang menarik untuk ditayangkan di televisi.

Dia juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat untuk memimpin tim produksi dan kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan talenta dan mitra kerja.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak suka bekerja di bawah tekanan, tidak memiliki kemampuan dalam merencanakan dan mengatur acara, serta kurang berbakat dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai seorang manajer acara televisi.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang menjadi seorang manajer acara televisi adalah bahwa pekerjaannya hanya berfokus pada menghadiri acara-acara terkenal dan bertemu selebriti. Padahal, realitasnya adalah mereka harus mengurus banyak hal di balik layar, seperti perencanaan, koordinasi, dan manajemen tim.

Ekspektasi yang salah lainnya adalah bahwa menjadi manajer acara televisi akan memberikan keuntungan finansial yang besar dalam waktu singkat. Namun, kenyataannya, perjalanan karier dalam industri ini membutuhkan waktu, usaha, dan dedikasi yang konstan untuk mendapatkan penghasilan yang stabil dan terus berkembang.

Perbedaan antara manajer acara televisi dengan profesi yang mirip, seperti produser televisi, adalah bahwa seorang manajer acara bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengkoordinasikan acara-acara yang sudah ada, sedangkan produser televisi memiliki peran lebih menjalankan proses pembuatan acara dari awal hingga akhir, termasuk pengembangan konsep, casting, dan pengambilan keputusan kreatif.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi
Broadcast Journalism
Public Relations
Event Management
Teater dan Pertunjukan
Multimedia
Produksi Film dan Televisi
Bisnis dan Manajemen Media
Desain Grafis
Ilmu Televise

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC Group)
PT Visi Media Asia Tbk (VIVA Group)
PT Trans Media Corpora (Trans Media)
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
PT Televisi Republik Indonesia (TVRI)
PT Media Televisi Indonesia (METRO TV)
PT Indosiar Visual Mandiri (Indosiar)
PT Global Mediacom Tbk (MNC Indovision)
PT Surya Citra Media Tbk (SCTV)