Bertanggung jawab atas pengelolaan fasilitas gedung, termasuk pemeliharaan, kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan kerja.
Melakukan perencanaan dan pengawasan dalam hal infrastruktur, seperti listrik, air, sistem AC, dan peralatan kantor lainnya.
Memastikan semua kebutuhan karyawan dan pengguna gedung terpenuhi, serta menjaga agar fasilitas gedung selalu dalam kondisi optimal.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Fasilitas Gedung adalah seseorang yang memiliki kepemimpinan yang kuat, mampu mengelola proyek dengan efisien, dan memiliki pengetahuan yang luas tentang perawatan dan pemeliharaan gedung.
Dalam posisi ini, seorang kandidat juga perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan mampu bekerja dengan berbagai pihak, seperti penyewa atau kontraktor, untuk menjaga operasionalitas dan keamanan gedung.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan multitasking yang baik, tidak dapat mengatasi tekanan dan stres dengan baik, serta kurang memiliki keterampilan komunikasi yang efektif, kamu tidak cocok untuk menjadi seorang manajer fasilitas gedung.
Miskonsepsi tentang profesi manajer fasilitas gedung adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengurus kebersihan dan perawatan gedung, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam pengelolaan anggaran dan pengawasan keamanan.
Ekspektasi yang salah adalah menganggap bahwa manajer fasilitas gedung selalu siap 24 jam untuk menangani semua masalah yang timbul, tanpa memperhatikan batas waktu dan ketersediaan sumber daya yang sebenarnya ada.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti manajer operasional gedung atau manajer properti, adalah bahwa manajer fasilitas gedung memiliki fokus yang lebih spesifik pada pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas fisik gedung, sedangkan profesi lain mungkin memiliki tanggung jawab yang lebih luas, seperti pengelolaan sewa atau operasional bisnis.