Manajer keuangan hotel bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan dan anggaran hotel.
Tugas utama meliputi perencanaan dan pengawasan terhadap pengeluaran dan pemasukan hotel, serta menyusun laporan keuangan yang akurat.
Selain itu, manajer keuangan hotel juga berperan dalam mengatur sistem pembayaran, membantu dalam pengelolaan inventaris, dan melakukan analisis keuangan untuk meningkatkan profitabilitas hotel.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Keuangan Hotel adalah seorang yang memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang keuangan, pengalaman dalam industri perhotelan, dan kemampuan analisis yang kuat untuk mengelola anggaran dan keuangan hotel.
Kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat dan strategis serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik juga sangat diperlukan dalam posisi Manajer Keuangan Hotel.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan matematis yang kuat dan tidak terbiasa dengan mengelola anggaran serta keuangan yang kompleks, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Manajer Keuangan Hotel.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Keuangan Hotel adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengatur keuangan hotel. Padahal, tugas mereka juga mencakup perencanaan keuangan, analisis keuangan, pengelolaan risiko, dan pengambilan keputusan strategis.
Ekspektasi yang salah tentang Manajer Keuangan Hotel adalah bahwa mereka akan bekerja dengan waktu yang teratur dan tidak memiliki tekanan dalam menyelesaikan tugas. Namun, realitanya, mereka sering harus bekerja lembur dan menghadapi tenggat waktu yang ketat saat menyusun laporan keuangan dan menghadapi situasi tak terduga.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Akuntan adalah bahwa Manajer Keuangan Hotel lebih fokus pada aspek strategis dan pengambilan keputusan dalam mengelola keuangan hotel, sementara Akuntan lebih fokus pada pencatatan, analisis, dan pelaporan keuangan.