Sebagai Manajer Kualitas Pulp dan Kertas, tanggung jawab utama saya adalah mengawasi dan mengendalikan proses produksi pulp dan kertas untuk memastikan kualitas yang tinggi.
Saya bertanggung jawab dalam melakukan pengujian laboratorium terhadap sampel pulp dan kertas, serta menganalisis hasilnya untuk mengidentifikasi masalah dan memastikan kualitas produk.
Selain itu, saya juga terlibat dalam pengembangan dan implementasi prosedur dan standar kualitas, serta melakukan pelatihan kepada tim produksi untuk memastikan pemahaman yang baik tentang kualitas dalam setiap tahap produksi.
Seorang yang memiliki kemampuan analisis yang tajam, berorientasi pada hasil, dan berpengalaman dalam industri pulp dan kertas akan cocok dengan pekerjaan Manajer Kualitas Pulp dan Kertas.
Keterampilan dalam pengelolaan proyek, pemecahan masalah, dan komunikasi yang efektif juga penting untuk sukses dalam peran tersebut.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki pemahaman mendalam tentang proses produksi kertas dan tidak memiliki minat dalam melakukan analisis defect, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan manajer kualitas pulp dan kertas.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Kualitas Pulp dan Kertas adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memeriksa kualitas produk akhir. Realitanya, mereka juga terlibat dalam pengawasan proses produksi dan pengendalian mutu bahan baku.
Ekspektasi yang salah adalah bahwa profesi ini hanya melibatkan pekerjaan di dalam kantor. Padahal, Manajer Kualitas Pulp dan Kertas juga perlu melakukan inspeksi lapangan di pabrik dan bekerja sama dengan tim produksi.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Inspektur Kualitas, adalah bahwa Manajer Kualitas Pulp dan Kertas memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam merencanakan, mengelola, dan mengawasi sistem mutu secara keseluruhan, sedangkan Inspektur Kualitas lebih fokus pada memeriksa kualitas tiap produk secara individu.