Pekerjaan sebagai Manajer Layanan Rekam Medis memerlukan pengelolaan dan pemrosesan data rekam medis pasien di rumah sakit atau klinik.
Tugas utama meliputi pengawasan dan pelaksanaan kebijakan administrasi rekam medis, pengorganisasian sistem pengarsipan dan pemeliharaan kerahasiaan data rekam medis.
Selain itu, Manajer Layanan Rekam Medis juga bertanggung jawab dalam pemantauan dan pengontrolan kualitas dokumen rekam medis serta bekerja sama dengan tim medis dan pasien dalam memastikan pengumpulan dan penerimaan data rekam medis yang akurat dan tepat waktu.
Seorang yang memiliki pengalaman dalam industri kesehatan dan memahami sistem dan kebijakan rekam medis akan cocok dengan pekerjaan sebagai Manajer Layanan Rekam Medis.
Memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat, kemampuan analitis yang baik, dan dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi dan regulasi juga sangat diperlukan dalam peran ini.
Jika kamu tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan di bidang kedokteran, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang Manajer Layanan Rekam Medis adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengelola rekam medis pasien. Namun, dalam realita, mereka juga harus mengatur dan memastikan kepatuhan terhadap kebijakan privasi pasien, menangani masalah keuangan terkait rekam medis, dan berkolaborasi dengan perawat dan dokter lainnya.
Ekspektasi yang salah adalah bahwa Manajer Layanan Rekam Medis hanya bekerja di rumah sakit. Padahal, mereka juga dapat bekerja di klinik, pusat perawatan jangka panjang, lembaga penelitian medis, dan perusahaan asuransi kesehatan.
Perbedaan antara Manajer Layanan Rekam Medis dengan Seorang Perawat adalah bahwa perawat fokus pada perawatan langsung kepada pasien, sedangkan Manajer Layanan Rekam Medis bertanggung jawab untuk mengelola dan memastikan integritas rekam medis pasien serta kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan terkait.