Pekerjaan sebagai Manajer Media Baru melibatkan perencanaan, pengembangan, dan implementasi strategi media baru untuk meningkatkan visibilitas dan citra perusahaan.
Tugas utama termasuk memilih platform media yang tepat, mengelola kampanye iklan digital, dan menganalisis hasilnya untuk membuat rekomendasi peningkatan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan tren media baru dan terkini serta menjalin hubungan dengan mitra media untuk memastikan perusahaan tetap relevan di dunia digital.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Media Baru adalah seseorang yang kreatif, proaktif, dan memiliki pemahaman yang kuat tentang tren dan perkembangan dalam industri media.
Sebagai Manajer Media Baru, individu tersebut harus memiliki kemampuan untuk berpikir di luar kotak, mengelola proyek dengan efektif, dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dalam dunia digital.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan atau minat dalam media sosial, kurang kreatif dalam ide-ide pemasaran baru, dan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan manajer media baru.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Media Baru adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas membuat postingan di media sosial. Padahal, tugasnya lebih kompleks seperti mengelola strategi pemasaran digital, menyusun konten, dan menganalisis data.
Ekspektasi yang seringkali tidak sesuai dengan realita dalam profesi Manajer Media Baru adalah harapan untuk mendapatkan hasil yang instan dan viral. Padahal, kesuksesan dalam media sosial membutuhkan waktu, konsistensi, dan kesabaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Social Media Manager, adalah Manajer Media Baru bertanggung jawab untuk mengelola semua aspek media digital, termasuk website, aplikasi, dan saluran digital lainnya, sedangkan Social Media Manager cenderung berfokus pada strategi pemasaran di media sosial.