Bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran dan promosi pariwisata.
Melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi target pasar dan tren terkini dalam industri pariwisata.
Berkoordinasi dengan tim pemasaran dan promosi untuk mengembangkan materi promosi, melaksanakan kampanye, dan mengukur keberhasilan program pemasaran pariwisata.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Pemasaran dan Promosi Pariwisata adalah seorang yang kreatif, memiliki wawasan luas tentang industri pariwisata, serta mampu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
Sebagai seorang manajer, juga penting bagi kandidat untuk memiliki kepemimpinan yang kuat, kemampuan koordinasi tim, dan komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan pariwisata.
Jika kamu adalah orang yang tidak memiliki kreativitas, tidak komunikatif, dan tidak suka bekerja dengan tim, kamu mungkin tidak cocok menjadi seorang manajer pemasaran dan promosi pariwisata.
Ekspektasi: Seorang manajer pemasaran dan promosi pariwisata diharapkan hanya bekerja di kantor dan mengatur strategi promosi yang sukses. Realita: Mereka juga harus bekerja lapangan untuk memantau pelaksanaan kampanye dan berinteraksi dengan mitra pariwisata.
Ekspektasi: Profesi ini hanya mengedepankan kreativitas dalam membuat materi promosi yang menarik. Realita: Seorang manajer pemasaran dan promosi pariwisata juga harus memiliki pengetahuan tentang analisis pasar, manajemen keuangan, dan negosiasi dengan mitra bisnis.
Dalam perbandingan dengan profesi mirip seperti tour guide, perbedaannya adalah seorang manajer pemasaran dan promosi pariwisata berfokus pada pengembangan strategi pemasaran agar destinasi wisata menjadi populer, sedangkan tour guide lebih fokus pada memberikan informasi dan pengalaman langsung kepada wisatawan saat melakukan perjalanan.