Tugas manajer pengembangan bisnis pariwisata adalah mengidentifikasi dan menjalin kemitraan dengan perusahaan pariwisata dan destinasi wisata.
Selain itu, tugasnya juga meliputi pengembangan paket wisata, pengaturan kerjasama dengan pihak ketiga, dan mempromosikan produk pariwisata kepada target pasar.
Manajer pengembangan bisnis pariwisata juga bertanggung jawab dalam analisis pasar, penelitian tren wisata, dan mengidentifikasi peluang baru untuk mengembangkan bisnis pariwisata.
Seorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, memiliki jaringan yang luas dalam industri pariwisata, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang tren dan pasar pariwisata akan cocok sebagai manajer pengembangan bisnis pariwisata.
Kemampuan untuk mengidentifikasi peluang baru, melakukan negosiasi yang baik, dan memiliki keahlian strategi pemasaran juga sangat penting dalam peran ini.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki minat dalam eksplorasi dan tidak memiliki keterampilan dalam membangun kerja sama dengan pihak lain, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Ekspektasi tentang Manajer Pengembangan Bisnis Pariwisata seringkali adalah bepergian ke destinasi yang indah dan menghabiskan waktu di hotel mewah, namun realitanya adalah pekerjaannya melibatkan banyak rapat dan analisis angka.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Manajer Pemasaran di industri pariwisata, adalah bahwa Manajer Pengembangan Bisnis memiliki fokus yang lebih spesifik dalam mengidentifikasi peluang bisnis baru dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.
Miskonsepsi lainnya adalah bahwa profesi ini hanya melibatkan bekerja dengan wisatawan dan mendapatkan diskon atau tiket gratis, padahal Manajer Pengembangan Bisnis Pariwisata harus bekerja sama dengan mitra bisnis, seperti maskapai penerbangan dan hotel, dalam rangka mencapai tujuan bisnis perusahaan.