Sebagai seorang manajer pengendalian kualitas, tanggung jawab utama meliputi pengawasan dan pengendalian kualitas produk atau layanan perusahaan.
Hal ini melibatkan pengembangan standar kualitas, pelaksanaan inspeksi produk, dan penilaian performa kualitas.
Selain itu, posisi ini juga bertanggung jawab untuk melakukan analisis data kualitas dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk memastikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Pengendalian Kualitas adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang prinsip dan metode pengendalian kualitas. Mereka juga harus memiliki kemampuan analitis yang kuat dan mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.
Seorang Manajer Pengendalian Kualitas juga harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik dan mampu mengkoordinasikan dan mengarahkan tim untuk mencapai standar kualitas yang ditetapkan.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak detail-oriented dan tidak teliti dalam memeriksa kualitas produk, serta tidak memiliki kemampuan analisis yang baik.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Pengendalian Kualitas adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memeriksa produk akhir, padahal sebenarnya tugas mereka melampaui itu, termasuk menciptakan dan mengimplementasikan sistem pembuatan yang memastikan kualitas produk sejak awal.
Ekspektasi vs realita dari profesi Manajer Pengendalian Kualitas adalah bahwa dianggap mudah dan hanya melibatkan pekerjaan rutin memeriksa produk, padahal dalam realitasnya mereka harus terlibat dalam analisis data, perencanaan, pelatihan, dan berkolaborasi dengan berbagai departemen dalam perusahaan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Inspektur Kualitas, adalah bahwa Manajer Pengendalian Kualitas bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengontrol keseluruhan proses pembuatan, sedangkan Inspektur Kualitas lebih fokus melakukan pemeriksaan terhadap produk akhir untuk mengecek kesalahan atau cacat.