Manajer Penjualan Di Industri Perjalanan Wisata

  Profil Profesi

Sebagai manajer penjualan di industri perjalanan wisata, tugasnya adalah mengembangkan strategi penjualan dan mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Pekerjaan ini melibatkan membuat dan mempresentasikan proposal penjualan kepada klien potensial, berkomunikasi dengan agen perjalanan dan mitra bisnis lainnya.

Selain itu, manajer penjualan juga bertanggung jawab untuk memantau dan melaporkan hasil penjualan, serta mengkoordinasikan dengan tim pemasaran untuk mengembangkan strategi promosi yang efektif.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer penjualan di industri perjalanan wisata?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Penjualan di industri perjalanan wisata adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri perjalanan wisata, memiliki kemampuan negosiasi yang kuat, dan mampu membangun hubungan yang baik dengan klien dan mitra bisnis.

Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga perlu memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik dan mampu mengatur tim penjualan untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Seseorang yang tidak terbiasa dengan interaksi sosial yang intens, tidak memiliki motivasi tinggi, dan tidak fleksibel dalam beradaptasi dengan perubahan, mungkin tidak cocok dengan posisi ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Manajer Penjualan di industri perjalanan wisata adalah mereka hanya bekerja dengan hal-hal indah dan liburan sepanjang waktu, padahal kenyataannya pekerjaan mereka melibatkan upaya pemasaran, negosiasi, dan penjualan yang intensif.

Ekspektasi yang salah adalah bahwa Manajer Penjualan di industri perjalanan wisata hanya perlu mengatur paket liburan yang menggiurkan, tanpa mempertimbangkan tantangan seperti perubahan jadwal, pembatalan, dan keluhan pelanggan yang harus mereka hadapi.

Perbedaan dengan profesi yang mirip adalah Manajer Penjualan di industri perjalanan wisata cenderung lebih fokus pada penjualan paket liburan dan layanan tur, sementara Agensi Perjalanan atau Asisten Perjalanan lebih mengatur detail perjalanan dan akomodasi bagi pelanggan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pariwisata
Manajemen Perhotelan
Manajemen Bisnis Perjalanan
Manajemen Pemasaran
Manajemen Operasi
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Keuangan
Manajemen Event dan MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions)
Manajemen Strategi
Manajemen Internasional

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Traveloka
Tiket.com
Pegipegi
Garuda Indonesia
Lion Air
AirAsia
Agoda
Booking.com
Golden Rama Tours and Travel
Dwidaya Tour