Manajer Riset Pasar

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai manajer riset pasar melibatkan pengumpulan dan analisis data pasar untuk memberikan wawasan dan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Tugas utama termasuk merancang dan melaksanakan survei konsumen, menganalisis tren pasar dan perilaku konsumen, serta mengidentifikasi peluang bisnis yang potensial.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan presentasi hasil riset dan rekomendasi kepada manajemen untuk membantu dalam pengembangan produk, strategi pemasaran, dan pengambilan keputusan bisnis secara keseluruhan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer riset pasar?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Riset Pasar adalah seorang yang analitis, memiliki pemahaman yang baik tentang pasar dan tren konsumen, serta dapat mengambil keputusan yang berdasarkan data dan informasi yang akurat.

Mempunyai kepribadian yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, serta kemampuan berkomunikasi yang baik untuk bekerja sama dengan berbagai pihak adalah hal yang penting dalam pekerjaan ini.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan analisis yang kuat, kurang dapat beradaptasi dengan perubahan cepat di pasar, dan kurang memiliki kepekaan terhadap tren dan data, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai manajer riset pasar.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi manajer riset pasar adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dan menyajikan hasilnya, padahal sebenarnya mereka juga harus mampu menganalisis data dan memberikan wawasan serta rekomendasi strategis kepada perusahaan.

Ekspektasi yang tidak realistis tentang manajer riset pasar adalah bahwa mereka dapat memberikan jawaban pasti terkait apa yang diinginkan oleh pelanggan atau pasar, padahal dalam praktiknya riset pasar bersifat dinamis dan hasilnya dapat beragam tergantung pada berbagai faktor.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti analis data adalah bahwa manajer riset pasar lebih fokus pada aspek pemasaran dan perilaku konsumen, sedangkan analis data lebih cenderung melakukan analisis statistik dan prediksi berdasarkan data yang tersedia.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Ekonomi
Statistik
Komunikasi
Psikologi
Pemasaran
Perencanaan Bisnis
Ilmu Komputer
Sosiologi
Matematika
Antropologi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Nielsen Indonesia
Kantar Indonesia
Ipsos Indonesia
MarkPlus Insight
Dentsu Aegis Network Indonesia
McKinsey & Company Indonesia
Millward Brown Indonesia
Danone Aqua
Unilever Indonesia
Procter & Gamble Indonesia