Marketing Agribisnis

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang marketing agribisnis melibatkan promosi dan penjualan produk-produk pertanian kepada konsumen.

Tugas utama meliputi mengidentifikasi potensi pasar, mengembangkan strategi pemasaran, dan melakukan kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan produk pertanian.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis pasar, penentuan harga, dan kerjasama dengan petani dan produsen untuk memastikan ketersediaan dan kualitas produk yang ditawarkan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Marketing agribisnis?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing Agribisnis adalah seseorang yang kreatif dalam menciptakan strategi pemasaran, memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar agribisnis, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan mitra bisnis.

Seorang kandidat yang juga memiliki jaringan yang luas dalam industri agribisnis dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang cepat di pasar akan menjadi nilai tambah dalam pekerjaan ini.

Jika kamu tidak memiliki minat dan pengetahuan yang cukup dalam bidang agraris serta tidak memiliki keterampilan dan keahlian dalam pemasaran dan manajemen, maka kamu tidak cocok untuk bekerja di bidang marketing agribisnis.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Marketing agribisnis adalah bahwa pekerjaannya hanya tentang penjualan dan pemasaran produk pertanian, padahal sebenarnya melibatkan juga analisis pasar, riset, serta pengembangan strategi pemasaran yang khusus untuk industri agribisnis.

Ekspektasi umum terhadap profesi Marketing agribisnis adalah bekerja di lapangan dan berinteraksi langsung dengan petani atau produsen pertanian. Namun, realitanya seringkali pekerjaan ini juga melibatkan manajemen proyek, perencanaan strategi, dan analisis data di dalam kantor.

Perbedaan utama dengan profesi yang mirip, seperti Sales Representative, adalah bahwa seorang Marketing agribisnis lebih fokus pada pemasaran secara keseluruhan, meliputi penjualan namun juga mencakup analisis pasar, branding, dan strategi pemasaran yang terintegrasi. Sedangkan Sales Representative biasanya lebih fokus pada penjualan dan bidang kerjanya yang lebih operasional.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Agribisnis
Manajemen Pertanian
Teknologi Pangan
Komunikasi Bisnis
Pemasaran
Ekonomi Pertanian
Peternakan
Bisnis Internasional
Agribisnis dan Manajemen Pertanian
Analisis Bisnis Pertanian

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk
PT Nestle Indonesia
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
PT Indofood Agri Resources Ltd
PT Bumi Serpong Damai Tbk
PT Astra Agro Lestari Tbk
PT SMART Tbk (Golden Agri-Resources Ltd)
PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk