Marketing Syariah

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang marketing syariah melibatkan promosi dan pemasaran produk atau layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam industri keuangan.

Tugas utama meliputi mengidentifikasi target pasar potensial, merencanakan strategi pemasaran yang efektif, serta mengembangkan hubungan bisnis dengan klien dan masyarakat.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kegiatan pengembangan dan pelaksanaan program pemasaran, termasuk dalam hal penyusunan materi promosi dan kegiatan komunikasi dengan para calon pelanggan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Marketing Syariah?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing Syariah adalah seorang yang memiliki pengetahuan tentang prinsip-prinsip syariah, memiliki kemampuan negosiasi dan persuasi yang baik, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan target pasar Muslim, akan cocok dengan pekerjaan Marketing Syariah.

Tugas utama seorang marketer syariah adalah mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan aturan syariah, menjalin kerjasama dengan lembaga keuangan syariah, dan membangun hubungan yang baik dengan konsumen yang mengutamakan keadilan dan kemaslahatan bersama.

Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki pengetahuan dan minat dalam Syariah, kamu tidak cocok dengan pekerjaan Marketing Syariah.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Marketing Syariah adalah bahwa tugasnya hanya berfokus pada penjualan produk syariah, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Ekspektasi tentang profesi Marketing Syariah seringkali melibatkan skenario ideal di mana mereka hanya berinteraksi dengan pelanggan yang memiliki nilai-nilai syariah yang kuat, namun realitanya mereka juga harus menghadapi pelanggan dari berbagai latar belakang dan agama yang berbeda.

Perbedaan utama antara profesi Marketing Syariah dengan profesi yang mirip seperti Marketing Konvensional adalah bahwa marketing syariah menyesuaikan strategi pemasaran dengan prinsip-prinsip syariah, seperti menghindari produk yang haram atau tidak halal, sedangkan marketing konvensional tidak memiliki batasan seperti itu.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pemasaran Syariah
Komunikasi Bisnis Syariah
Ekonomi Syariah
Perbankan Syariah
Hukum Bisnis Syariah
Hubungan Masyarakat Syariah
Studi Islam dan Bisnis
Manajemen Keuangan Syariah
Pemasaran Digital Syariah
Entrepreneurship Syariah

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Bank Syariah Mandiri
PT Bank Muamalat Indonesia Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk
PT Bank Negara Indonesia Syariah
PT Bank Syariah Bukopin Tbk
PT Bank Syariah Mega Indonesia
PT Asuransi Takaful Keluarga
PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk
PT BTN Syariah
PT Bank Tabungan Negara Syariah Tbk