Pekerjaan sebagai media planner pariwisata adalah mengatur strategi dan perencanaan media untuk mempromosikan destinasi pariwisata.
Tugas utama meliputi mencari media yang tepat, merancang iklan dan kampanye promosi, serta menentukan target audiens yang sesuai.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis data pasar dan pengukuran keberhasilan kampanye untuk meningkatkan efektivitas promosi pariwisata.
Orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Media Planner Pariwisata adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang baik tentang industri pariwisata, kreatif dalam merencanakan strategi pemasaran, dan memiliki kemampuan analisis yang kuat.
Dalam posisi ini, seorang media planner juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerjasama dengan berbagai stakeholder, dan mampu mengelola proyek dengan baik.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak kreatif, tidak memiliki pengetahuan mengenai industri pariwisata, dan tidak memiliki kemampuan analisis yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai media planner pariwisata.
Miskonsepsi tentang profesi Media planner pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya melibatkan perjalanan dan liburan sepanjang waktu, padahal kenyataannya lebih banyak berkaitan dengan perencanaan dan strategi pemasaran.
Ekspektasi yang salah tentang profesi Media planner pariwisata adalah bahwa mereka akan sering berada di destinasi wisata yang indah dan menikmati kegembiraan, padahal sebagian besar waktunya dihabiskan di depan komputer untuk menganalisis data dan mengatur kampanye pemasaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Travel agent, adalah bahwa Media planner pariwisata lebih berfokus pada perencanaan dan strategi pemasaran dalam industri pariwisata, sementara Travel agent lebih fokus pada membantu pelanggan merencanakan dan memesan perjalanan mereka secara keseluruhan.