Pekerjaan sebagai pemasar fashion online melibatkan promosi dan penjualan produk fashion melalui platform digital.
Tugas utama meliputi mengelola kampanye pemasaran online, mengoptimalkan konten dan gambar produk, serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media sosial.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan riset pasar untuk memahami tren fashion terkini dan menganalisis data penjualan untuk meningkatkan strategi pemasaran.
Orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai Pemasar Fashion Online adalah seseorang yang kreatif, mengikuti tren fashion terkini, dan memiliki pengetahuan yang baik tentang media sosial dan pemasaran digital.
Selain itu, mereka juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dalam industri fashion.
Jika kamu tidak memiliki minat dan pengetahuan yang cukup dalam dunia fashion, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi pemasar fashion online adalah bahwa pekerjaannya hanya mengonlinekan produk dan uang akan terus mengalir dengan sendirinya, padahal kenyataannya membutuhkan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai target penjualan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti influencer fashion adalah pemasar fashion online lebih fokus pada pemasaran dan penjualan produk, sedangkan influencer lebih fokus pada mempengaruhi dan menarik perhatian pengguna melalui konten yang mereka buat.
Ekspektasi yang berbeda dengan realita di profesi pemasar fashion online adalah ekspektasi bahwa semua produk fashion akan laku terjual dengan cepat, sementara kenyataannya membutuhkan penelitian pasar yang mendalam untuk mencapai target pasar yang tepat dan meningkatkan penjualan.