Pemasar Produk Perikanan Air Tawar

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang pemasaran produk perikanan air tawar melibatkan promosi dan penjualan produk-produk perikanan seperti ikan, udang, dan lobster air tawar.

Tugas utama meliputi mencari pelanggan potensial, menjalin hubungan bisnis dengan restoran, pasar, atau pengusaha kuliner lainnya, serta memasarkan produk secara efektif untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pengelolaan stok produk, pemantauan kualitas dan keberlanjutannya, serta memastikan kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang diberikan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pemasar produk perikanan air tawar?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pemasar Produk Perikanan Air Tawar adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan minat yang mendalam dalam industri perikanan air tawar, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menjual produk kepada pelanggan potensial.

Seorang kandidat yang juga memiliki jiwa bisnis, kemampuan negosiasi yang kuat, dan mampu bekerja secara mandiri akan sukses dalam peran ini.

Jika kamu tidak mengerti pasar produk perikanan air tawar, tidak memiliki pengetahuan tentang jenis ikan dan cara memeliharanya, serta tidak memiliki kemampuan negosiasi yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi pemasar produk perikanan air tawar adalah bahwa pekerjaannya hanya berkutat pada mempromosikan dan menjual produk tanpa ada tantangan yang berarti. Padahal, pekerjaan ini melibatkan penanganan logistik, analisis pasar, dan menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

Ekspektasi miskonsepsi tentang pekerjaan ini adalah bahwa semua produk perikanan air tawar akan terjual dengan cepat dan laris manis. Namun, realita nya adalah bahwa persaingan di pasar sangat ketat, sementara konsumen cenderung memilih untuk membeli produk segar yang dijual langsung oleh peternak lokal.

Dibandingkan dengan profesi yang mirip, pekerjaan sebagai pemasar produk perikanan air tawar memiliki perbedaan signifikan dengan pekerjaan sebagai penjual ikan di pasar tradisional. Pemasar produk perikanan air tawar lebih fokus pada pemasaran keseluruhan produk, termasuk dalam hal strategi, analisis pasar, dan menciptakan nilai tambah bagi konsumen, sedangkan penjual ikan di pasar tradisional lebih berfokus pada tugas menjual ikan secara langsung kepada konsumen.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Administrasi Bisnis
Ekonomi
Ilmu Komunikasi
Agribisnis
Teknologi Pangan
Akuntansi
Perikanan
Ilmu Kelautan
Manajemen Sumber Daya Perikanan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Sierad Produce Tbk
PT Dharma Samudra Fishing Industries
PT Santosa Agrindo
PT Central Proteinaprima Tbk (CP Prima)
PT Bali Maya Permai (Fiesta Brand)
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk
PT Anugrah Laut Indonesia
PT Aqua Asia Internasional
PT Berdikari Pondasi Perkasa (BPP)
PT Pacific Oriental Fishery (POF)