Sebagai pembina komunitas pendidikan anak usia dini, tugas utama adalah mengorganisir program pendidikan dan kegiatan yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.
Selain itu, juga melibatkan pembinaan dan pelatihan kepada para guru dan para orangtua dalam mengoptimalkan perkembangan anak di usia dini.
Kerjasama dengan pihak terkait seperti sekolah, pusat pendidikan, dan komunitas lainnya dilakukan untuk mendukung program pendidikan anak usia dini.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai pembina komunitas pendidikan anak usia dini adalah seseorang yang memiliki kedalaman pengetahuan tentang perkembangan anak, kreatif dalam merancang kegiatan belajar yang menarik, dan mampu menginspirasi anak-anak dengan pendekatan yang sesuai dengan usia mereka.
Dalam pekerjaan ini, interaksi yang baik dengan orang tua dan masyarakat juga sangat penting, sehingga seorang pembina harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ramah, dan peduli terhadap kebutuhan dan harapan orang tua dan masyarakat dalam hal pendidikan anak usia dini.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki passion untuk bekerja dengan anak-anak, kurang sabar, dan tidak mengerti kebutuhan pendidikan anak usia dini.
Miskonsepsi tentang profesi Pembina komunitas pendidikan anak usia dini adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan mengasuh dan mengajari anak-anak kecil. Padahal, sebenarnya seorang Pembina komunitas pendidikan juga bertanggung jawab untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai, mendukung perkembangan sosial dan emosional anak, serta bekerja sama dengan orang tua dan guru.
Ekspektasi yang salah tentang profesi Pembina komunitas pendidikan anak usia dini adalah bahwa pekerjaan ini tidak memerlukan keterampilan dan pengetahuan khusus. Namun, pada kenyataannya, seorang Pembina komunitas pendidikan harus memiliki pemahaman mendalam tentang perkembangan anak, metode pengajaran yang efektif, serta kemampuan mengelola dan mengorganisasi program pendidikan.
Profesi Pembina komunitas pendidikan anak usia dini berbeda dengan profesi pengasuh atau guru. Seorang Pembina komunitas pendidikan bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengelola lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan, sementara pengasuh lebih fokus pada perawatan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari anak. Sedangkan guru berkonsentrasi pada memberikan pengajaran formal kepada anak-anak dalam lingkungan sekolah.