Pendukung Teknologi Dalam Olahraga

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang pendukung teknologi dalam olahraga melibatkan pengembangan dan penerapan teknologi untuk meningkatkan kinerja dan pengalaman dalam olahraga.

Tugas utama meliputi analisis data olahraga, pengujian dan implementasi perangkat lunak, serta pemantauan dan evaluasi performa atlet.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim pelatih dan atlet untuk mengidentifikasi kebutuhan dan mengembangkan solusi teknologi yang sesuai.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pendukung Teknologi dalam Olahraga?

Profil orang yang cocok untuk pekerjaan Pendukung Teknologi dalam Olahraga adalah seseorang yang ahli dalam penggunaan teknologi, memiliki pemahaman yang baik tentang dunia olahraga, dan mampu berinovasi dalam pengembangan solusi teknologi yang dapat meningkatkan performa atlet dan tim olahraga.

Dalam pekerjaan ini, orang tersebut harus dapat bekerja secara kolaboratif dengan pelatih olahraga, atlet, dan staf lainnya, serta memiliki kemampuan analitis yang kuat dalam menganalisis data dan menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan yang cukup dalam teknologi, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini sebagai pendukung teknologi dalam olahraga.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Pendukung Teknologi dalam Olahraga adalah ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap dampak langsung pada peningkatan prestasi olahraga, padahal kenyataannya dampaknya bisa lebih kompleks dan tidak langsung terlihat.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Pelatih olahraga, adalah bahwa Pendukung Teknologi dalam Olahraga lebih fokus pada pemanfaatan teknologi untuk analisis data dan pengembangan alat atau perangkat yang mendukung para atlet atau tim dalam mencapai performa terbaik mereka.

Bagi sebagian orang, realita dari profesi Pendukung Teknologi dalam Olahraga belum sepenuhnya diakui, sehingga mungkin ada harapan bahwa teknologi akan menjadi solusi sempurna dalam meningkatkan prestasi olahraga, padahal masih banyak faktor lain yang turut berpengaruh dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komputer
Teknik Elektro
Matematika Terapan
Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak
Teknologi Informasi
Teknik Biomedis
Kesehatan dan Kebugaran
Biomekanik
Psikologi Olahraga

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Go-Jek
Tokopedia
Bukalapak
Traveloka
Telkomsel
Grab Indonesia
DANA
OVO
Shopee Indonesia
Lazada Indonesia