Pekerjaan sebagai peneliti evaluasi program pendidikan kejuruan bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas program pendidikan kejuruan dalam mencapai tujuan dan meningkatkan kualitas pendidikan.
Tugas utama meliputi pengumpulan data, analisis data, dan pembuatan laporan evaluasi yang memberikan rekomendasi untuk perbaikan program pendidikan kejuruan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan lembaga pendidikan, guru, dan para stakeholder terkait lainnya untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam melakukan evaluasi.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Evaluasi Program Pendidikan Kejuruan adalah seseorang yang memiliki kemampuan analitis yang tinggi, mampu mengumpulkan dan menganalisis data dengan teliti, serta memiliki pemahaman mendalam tentang sistem pendidikan kejuruan.
Selain itu, seorang kandidat yang cocok untuk pekerjaan ini juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu bekerja secara mandiri, dan memiliki ketekunan dalam menyelesaikan penelitian secara akurat dan tepat waktu.
Seorang yang tidak cocok untuk pekerjaan ini adalah orang yang tidak memiliki minat atau keahlian dalam melakukan penelitian, analisis data, dan evaluasi program.
Miskonsepsi tentang profesi Peneliti Evaluasi Program Pendidikan Kejuruan adalah bahwa mereka hanya berkutat dengan angka dan data, padahal sebenarnya mereka juga melakukan pengamatan langsung di lapangan.
Ekspektasi masyarakat terhadap Peneliti Evaluasi Program Pendidikan Kejuruan seringkali melebih-lebihkan bahwa mereka akan memberikan solusi langsung, padahal tugas utama mereka adalah mengumpulkan dan menganalisis data untuk memberikan rekomendasi perbaikan.
Perbedaan dengan profesi Peneliti Kualitatif adalah Peneliti Evaluasi Program Pendidikan Kejuruan lebih berfokus pada pengukuran efektivitas program dan dampaknya terhadap peserta didik, sedangkan Peneliti Kualitatif lebih berfokus pada pemahaman dalam mendalami fenomena atau permasalahan yang terjadi di bidang kejuruan.