Pekerjaan sebagai peneliti lapangan pendidikan dasar melibatkan pengumpulan data dan informasi tentang pendidikan dasar melalui observasi langsung di sekolah-sekolah.
Tugas utamanya adalah melakukan wawancara dengan guru dan siswa, mengamati proses pembelajaran di kelas, dan menganalisis data yang sudah dikumpulkan.
Selain itu, peneliti lapangan pendidikan dasar juga bertanggung jawab untuk membuat laporan dan merekomendasikan perbaikan dalam sistem pendidikan dasar.
Seorang yang memiliki minat dan keahlian dalam melakukan penelitian lapangan, serta memahami metodologi penelitian yang baik, akan cocok dengan pekerjaan Peneliti Lapangan Pendidikan Dasar.
Kemampuan untuk bekerja secara mandiri, mengumpulkan dan menganalisis data dengan akurat, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak terkait, juga penting dalam pekerjaan ini.
Jika kamu tidak suka dengan aktivitas lapangan, memiliki kecenderungan untuk menghindari tingkat konkrititas dan analisis data, dan tidak memiliki minat dalam pertanyaan penelitian, maka kamu tidak cocok menjadi seorang peneliti lapangan pendidikan dasar.
Miskonsepsi tentang profesi Peneliti Lapangan Pendidikan Dasar adalah bahwa mereka hanya melakukan pengamatan di luar ruangan tanpa kontribusi aktivitas penelitian yang signifikan.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa hasil penelitian mereka akan secara instan mengubah atau mengatasi semua masalah dalam sistem pendidikan dasar.
Perbedaan utama antara profesi Peneliti Lapangan Pendidikan Dasar dan guru adalah bahwa peneliti lapangan lebih fokus pada mengumpulkan data dan menganalisis tren, sedangkan guru lebih terlibat dalam mengajar dan mengelola kelas.