Sebagai peneliti pemasaran, tugas utama meliputi melakukan penelitian pasar untuk memahami preferensi dan perilaku konsumen.
Selain itu, juga bertanggung jawab dalam mengumpulkan dan menganalisis data pasar yang relevan untuk memberikan wawasan kepada perusahaan.
Pekerjaan ini juga melibatkan penyusunan laporan hasil penelitian dan memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang sesuai dengan temuan penelitian.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Pemasaran adalah seseorang yang analitis, kreatif, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menganalisis data dan merumuskan strategi pemasaran yang efektif.
Dalam pekerjaan ini, individu juga harus memiliki minat dan kepekaan terhadap tren dan perubahan pasar, serta mampu berpikir strategis untuk menghadapi persaingan di industri.
Jika kamu tidak memiliki minat dalam analisis data dan kurang memiliki kreativitas dalam merumuskan strategi pemasaran, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai peneliti pemasaran.
Miskonsepsi tentang profesi peneliti pemasaran adalah bahwa pekerjaannya hanya mencakup mengumpulkan data dan menganalisis angka, padahal sebenarnya mereka juga perlu memiliki kreativitas dan kemampuan berkomunikasi yang baik.
Ekspektasi yang salah adalah menganggap bahwa sebagai peneliti pemasaran, mereka akan selalu mendapatkan temuan yang menarik dan langsung bisa diimplementasikan, padahal di dunia nyata, penelitian pemasaran seringkali melibatkan proses yang kompleks dan memerlukan waktu yang tidak cepat.
Perbedaan dengan profesi sejenis adalah, peneliti pemasaran fokus pada aspek analisis data dan riset pasar, sedangkan profesi pemasaran lainnya seperti manajer pemasaran atau copywriter lebih banyak terlibat dalam strategi pemasaran dan promosi produk.