Sebagai peneliti pendidikan teknologi informasi, pekerjaan ini melibatkan penelitian dan analisis mengenai penggunaan teknologi informasi dalam konteks pendidikan.
Tugas utama termasuk mengumpulkan data, menganalisis tren penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran, dan menyusun laporan penelitian untuk memberikan rekomendasi pengembangan program pendidikan.
Selain itu, peneliti juga dapat melibatkan diri dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi, serta berkolaborasi dengan institusi pendidikan dan pihak terkait lainnya.
Orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Pendidikan Teknologi Informasi adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi yang kuat dan memiliki minat yang tinggi dalam bidang pendidikan.
Selain itu, seorang peneliti pendidikan teknologi informasi juga harus memiliki kemampuan analisis data yang baik dan kemampuan penelitian yang mendalam.
Jika kamu tidak tertarik atau memiliki keahlian dalam memahami dan menganalisis data serta tidak memiliki semangat untuk terus mengikuti perkembangan teknologi informasi, maka kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi "Peneliti Pendidikan Teknologi Informasi" adalah bahwa mereka hanya perlu menguasai aspek teknis tanpa memiliki kemampuan komunikasi dan pengajaran yang baik.
Dalam ekspektasi, peneliti pendidikan teknologi informasi diharapkan dapat menghasilkan inovasi-teknologi yang revolusioner, namun dalam realita, mereka juga harus menghabiskan banyak waktu untuk mengumpulkan data, menganalisis hasil, dan menulis laporan penelitian.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti pengajar teknologi informasi adalah bahwa peneliti pendidikan teknologi informasi lebih fokus pada pengembangan dan evaluasi kurikulum serta studi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran, sementara pengajar teknologi informasi lebih mengarah pada pengajaran langsung kepada siswa.