Sebagai pengajar sejarah di tingkat SMA/SMK, tugas utama saya adalah menyampaikan materi-materi sejarah kepada siswa.
Saya juga bertanggung jawab untuk merancang dan menyusun rencana pembelajaran yang efektif menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
Selain itu, saya juga akan terlibat dalam melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kemampuan belajar siswa, serta memberikan dukungan dan bimbingan kepada mereka untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengajar Sejarah di tingkat SMA/SMK adalah seorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sejarah, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu menginspirasi serta memberikan motivasi kepada siswa-siswi.
Seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan mengelola kelas dengan baik, memiliki kemampuan dalam merancang dan menyampaikan materi pembelajaran yang menarik serta kreatif.
Jika kamu tidak tertarik memahami peristiwa sejarah dengan mendalam, dan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menyampaikan materi kepada siswa, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi pengajar sejarah di tingkat SMA/SMK.
Miskonsepsi tentang profesi pengajar sejarah di SMA/SMK adalah bahwa mereka hanya mengajar secara teoritis tanpa memberikan konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Realitanya, pengajar sejarah memiliki tanggung jawab untuk menghadirkan materi sejarah yang menarik dan dapat dihubungkan dengan pengalaman siswa, agar mereka dapat memahami dan mengaplikasikan pelajaran ke dalam kehidupan mereka.
Salah satu perbedaan antara profesi pengajar sejarah di tingkat SMA/SMK dengan profesi yang mirip, seperti peneliti sejarah, adalah fokusnya pada pendidikan dan pengajaran. Pengajar sejarah lebih berorientasi pada memberikan pemahaman yang komprehensif dan relevan kepada siswa, sementara peneliti sejarah lebih fokus pada penelitian dan penulisan sejarah.
Ekspektasi terhadap pengajar sejarah sering kali menganggap mereka hanya bertugas menghafal tanggal dan peristiwa. Namun, realitanya pengajar sejarah bertanggung jawab untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan mengaitkan konteks sejarah dengan dunia sekitar mereka.